Soal Jawab Segitiga Pascal Bagian 1


Sahabat, tulisan kali ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul segitiga pascal Dalam tulisan ini saya akan menyajikan jawaban atas pertanyaan yang saya tulis pada tulisan sebelumnya. Bagi anda yang belum membaca tulisan sebelumnya jangan khawatir, karena saya akan menuliskan pertanyaannya kembali disini.

1. Tentukan banyak suku yang terdapat pada baris ke-2018?
 Jawab:

Sahabat, untuk menjawab pertanyaan ini tentu saja kita harus menggunakan model penemuan, yaitu  dengan melihat pola yang terjadi, seperti pada tabel dibawah. Perlu diingat, terlebih dahulu anda harus membuat  barisan bilangan segitiga pascal.

Baris ke...
Banyak suku
Pola
1
1
1
2
2
2
3
3
3
4
4
4
.
.
.
.
.
.
.
.
.
n
n
n
 
Perhatikan tabel, jika kita melihat pola yang terjadi, bilangan baris ke-... sama dengan bilangan banyaknya suku. Sehingga dapat kita katakan bahwa pola yang terjadi adalah baris ke- ... = banyaknya suku.
Dari kesimpulan diatas kita bisa menjawab, banyaknya suku yang terdapat pada baris ke-2018 adalah 2018.
2. Berapakah suku ke dua dari baris ke-2018?
Jawab:
Lakukan seperti halnya mengerjakan soal nomor satu diatas, kita membuat tabel berisi "baris ke-", "suku ke-2 baris ke-" dan "pola yang terjadi". Pastikan, anda masih memiliki barisan bilangan  segitiga pascal.

Baris ke-...
Suku ke-2 baris ke-...
Pola
1
-
-
2
1
2-1
3
2
3-1
4
3
4-1
5
4
5-1
.
.
.
.
.
.
.
.
.
n

n-1
n-1

Perhatikan tabel kolom 2. Pada suku ke-2 baris ke-1 yaitu “-“ atau kosong. Jika kita melihat barisan segitiga pascal kita segera tahu bahwa suku ke-2 baris ke-1 tidak ada bilangan alias kosong, hal ini dikarenakan suku ke-2 dimulai dari baris ke-2. Agar lebih jelas, perhatikan gambar paling atas.
Berdasarkan pola yang kita temukan pada tabel diatas, kita sudah bisa menjawab pertanyaan nomor dua. Jadi suku kedua dari baris ke-2018 adalah 2018-1= 2017.

       Sahabat, demikian soal jawab segitiga pascal bagian satu ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Kucing Mengalami Menstruasi

Cara Melakukan Screenshot Pada Komputer atau Laptop

Cara Membuat Text Berjalan Pada Microsoft Powerpoint